Cara Meningkatkan Kecepatan Download

Cara Meningkatkan Kecepatan Download

Ditulis oleh Febri tanggal 11 January 2013

Internet adalah cara paling cepat dan mudah untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan multimedia. Namun jika kamu memiliki kecepatan download yang rendah, maka kamu tidak dapat menggunakan internet dengan maksimal.

Komputer yang cepat dengan teknologi terbaru memang sedikit berpengaruh, namun terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan download tanpa harus melakukan upgrade komputer.

  • Lakukan konfirmasi dengan ISP kamu mengenai kecepatan koneksi internet yang kamu miliki. Kecepatan koneksi merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan download kamu. Jika kamu menggunakan internet dial-up, pertimbangkan untuk upgrade ke DSL (Direct Service Line) atau cable. Jika kamu sudah menggunakan cable, maka coba tanyakan apakah ISP kamu memiliki layanan dengan kecepatan koneksi yang lebih tinggi.

Kamu juga bisa memeriksa kecepatan koneksi kamu dengan menggunakan berbagai aplikasi online gratis.    []Pahami arti kecepatan koneksi yang kamu miliki. Kecepatan koneksi dihitung dari jumlah data yang dapat ditransfer setiap detiknya. Biasanya dihitung kilobits per second (Kbps) atau megabits per second (Mbps). 1024 kilobits=1 megabit. Koneksi dial-up memiliki kecepatan 56 Kbps, sedangkan cable bisa mencapai 20 Mbps. ISP kamu akan dapat memberikan informasi mengenai kecepatan koneksi mereka.    []Tutup program lain yang tidak kamu perlukan ketika melakukan download. Hal ini akan mengurangi beban pada system resource sehingga komputer dapat menangani transfer data dari internet dengan lebih baik. Jika memungkinkan, jalankan proses download ketika kamu sedang tidak menggunakan komputer untuk keperluan lain.    []Tentukan prioritas download. Jalankan download untuk file yang paling kamu perlukan. Semakin banyak file yang kamu download secara bersamaan, akan mengurangi kecepatan download secara keseluruhan.    []Coba jalankan download pada waktu yang berbeda setiap harinya. Semakin banyak orang yang mendownload suatu file yang sama secara bersamaan, akan mengurangi kecepatan download bagi setiap orang yang mendownloadnya. Jika kamu mendapatkan speed/ kecepatan yang rendah ketika mendownload suatu file dari situs tertentu, coba jalankan download pada waktu yang berbeda.    

  • Install Software Download Accelerator. Download Accelerator adalah program yang akan mengoptimalkan kemampuan download komputer kamu. Selain meningkatkan kecepatan download, software ini juga dapat membantu kamu mengatur file download yang kamu jalankan. Kamu dapat menggunakan fitur schedule untuk mengatur waktu download, atau Pause untuk menjeda proses download untuk dilanjutkan kembali nanti. Kamu bisa menggunakan berbagai = software Download Accelerator gratis yang bisa di download di JalanTikus.com.Beberapa software download manager yang populer :

  • Komentar Anda