Cara Mengatasi Crash Flash Player pada YouTube

Cara Mengatasi Crash Flash Player pada YouTube

Ditulis oleh Deasy tanggal 15 January 2013

Pernah mengalami masalah dengan Flash saat memutar video YouTube? Green screen, browser crash atau video tidak dapat diputar yang terkadang membuat jengkel merupakan masalah yang sering ditemui. Permasalahan seperti ini umumnya disebabkan oleh Flash Player yang bermasalah. JalanTikus memberikan solusi singkat untuk menyelesaikan permasalahan Flash Player agar kamu dapat menikmati video YouTube tanpa merasa jengkel karena error atau crash.

Permasalahan Flash pada YouTube bisa disebabkan oleh masalah hardware acceleration, conflict dengan extension, atau versi Flash yang perlu diupdate. Ketidakcocokan browser juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ketidakcocokan ini dengan membuka sebuah website yang sama dengan menggunakan beberapa browser yang berbeda. Terkadang, software flash dan software tertentu tidak cocok dengan hardware PC yang kamu miliki.

Disable Hardware Acceleration Adobe Flash Player menggunakan fitur hardware acceleration yang membuat kartu grafis (graphic card) pada komputer kamu untuk melancarkan pemutaran file flash sehingga hasilnya lebih baik. Pada beberapa kasus, hal ini malah membuat error atau crash apabila ternyata hardware yang kamu miliki tidak cocok. Akibatnya, ketika memutar video YouTube, green screen akan muncul.

Untuk menonaktifkan fitur ini, klik kanan pada video YouTube atau file Flash lainnya dan pilih Settings. Hilangkan tanda centang pada ‘Enable Hardware Acceleration’ kemudian refresh dan lihat apakah hal ini menyelesaikan masalah crash video Youtube pada browser kamu.

Perlu diingat, fitur ini sangat berguna dalam meningkatkan performa flash. Jika kamu tidak memilki masalah ketika memutar video YouTube atau file flash lainnya, ada baiknya membiarkan fitur ini tetap aktif. Sedangkan bagi kamu yang menonaktifkan fitur ini karena terjadi masalah, segera update driver graphic card kamu untuk mendapatkan dukungan terbaru dari penyedia resminya.

Upgrade Flash Jika kamu menggunakan Flash Player versi lama, ada kemungkinan kamu bakalan menemui banyak masalah ketika membukat YouTube. Dalam hal ini, pastikan kamu menggunakan versi terbaru Flash Player. Bagi pengguna Google Chrome, kamu tidak perlu melakukan upgrade Flash, karena Chrome secara otomatis menginstall software flash player yang selalu up-to-date.

Sebelum melakukan instalasi Flash Player versi terbaru, kamu harus uninstall versi lama untuk memastikan tidak ada konflik software. Buka halaman website Uninstall Adobe Flash Player, download software uninstallernya, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghapus Flash Player dari komputer kamu.

Setelah proses uninstall selesai, download Flash Player versi terbaru, kemudian lakukan instalasi setelah proses download selesai.

Mengatasi Konflik pada Extension Firefox Jika kamu menggunakan Mozilla Firefox, ada kemungkinan add-on yang kamu install pada browser mengalami konflik dengan Flash plug-in pada YouTube sehingga menyebabkan crash. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa disable add-on yang mengalami konflik dengan plug-in Flash Player.

Untuk memeriksa apakah terdapat konflik Flash player dengan add-on pada Firefox, klik pada tombol Firefox, pilih Help kemudian pilih Restart with Add-ons Disabled.

Setelah Firefox terbuka kembali, kunjungi kembali halaman YouTube dan coba putar video di YouTube. Jika video dapat diputar dengan baik, berarti add-on kamu ada yang bermasalah dengan Flash Player. Untuk menyelesaikan masalah ini, aktifkan add-on satu – persatu hingga menemukan add-on mana yang bermasalah.

Jika hal ini masih belum menyelesaikan masalah ketika memutar video YouTube, berarti sumber permasalahnnya bukan pada add-on Firefox.

Gunakan Browser Lain Jika Flash tidak dapat berjalan dengan benar menggunakan Firefox, kamu bisa coba meng-install browser lain, seperti Google Chrome, begitu juga sebaliknya. Masing – masing browser memiliki sistem dan operasional yang berbeda sehingga terkadang Flash dapat berjalan dengan baik pada satu browser sementara yang lain tidak.

Berikut pilihan browser yang bisa kamu gunakan :

-Google Chrome-Mozilla Firefox-Internet Explorer-Opera

Jika karena suatu alasan dan setelah mencoba semua solusi diatas komputer kamu masih bermasalah memutar vide YouTube, kamu bisa menggunakan HTML5. Buka halaman HTML5 Video Player YouTube dan klik Join the HTML5 trial.

Untuk memutar video YouTube dengan HTML5, kamu harus menggunakan browser yang mendukung serperti Google Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Internet Explorer 9. Sayangnya, tidak semua video dapat diputar menggunakan pemutar HTML5.

Halaman bantuan YouTube juga memberikan beberapa pilihan solusi, seperti menambahkan website YouTube sebagai trusted website pada program Firewall kamu. Jika kamu menggunakan software Firewall tambahan pada PC atau laptop, hal ini patut kamu coba.

Apakah kamu pernah menemui crash Flash pada YouTube? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Komentar Anda