Cara Bersihkan PC Dari Sampah Data dan Optimalkan Hard Disk

Cara Bersihkan PC Dari Sampah Data dan Optimalkan Hard Disk

Ditulis oleh Deasy tanggal 27 August 2013

Kekacauan data komputer bisa menjadi penghambat produktivitas kamu ketika bekerja, baik di kantor maupun di rumah. Ketika menggunakan komputer, kamu bisa menyimpan berbagai data baik yang penting maupun tidak penting sehingga pada satu saat, kapasitas penyimpanan kamu menjadi penuh tanpa sepenuhnya kamu ketahui data apa saja yang sebenarnya kamu perlukan.

File yang kamu perlukan berada entah dimana, program yang kamu install tidak pernah digunakan dan sedikit demi sedikit, data – data tersebut memakan kapasitas penyimpanan komputer kamu dan satu ketika, kamu perlu menyimpan data penting yang ternyata tidak muat di hard disk kamu.

Cara pertama yang kamu lakukan tentunya adalah dengan menyortir data yang ada di hard disk, membuang yang tidak perlu, membersihkan PC dari data sampah yang tidak lagi diperlukan. Bagaimana caranya?

Untuk melakukan hal ini, tidak cukup hanya dengan menghapus berbagai data yang kamu temukan, apalagi jika kamu memerlukan kapasitas yang besar. Kamu perlu mengetahui data mana yang masih kamu perlukan dan mana sampah tidak berguna, namun tetap memastikan kamu tidak mengganggu sistem komputer itu sendiri. Untungnya, ada berbagai cara untuk membersihkan PC dari data sampah dengan mudah untuk mengoptimalkan penggunaan hard disk kamu.

Analisa Kapasitas Hard DiskHal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan analisa hard disk untuk mengetahui apa saja yang memakan tempat terlalu banyak di hard disk dan dimana letaknya. Alasannya mudah saja, untuk membersihkan data dan memperoleh kapasitas penyimpanan yang besar dalam waktu singkat, kamu perlu menghapus data yang memakan banyak tempat. Selain itu, disk analyzer juga berguna untuk menemukan file tersembunyi atau yang kamu lupakan. Mungkin kamu pernah download file beberapa bulan lalu dan tidak bisa menemukannya? Bisa jadi kamu pernah punya data yang kamu pikir tidak berguna tapi ternyata pada suatu saat menjadi hal yang kamu perlukan saat itu. Tool disk analyzer dapat menemukan berbagai file ini dan kamu bisa dengan mudah menghapusnya, jika memang sudah tidak dirasa perlu.

Kamu bisa menggunakan program WinDirStat(Windows Directory Statistics) yang melakukan scan sistem dan mengatur setiap file kedalam sebuah tampilan yang mudah dinavigasi, menampilkan folder apa saja yang memakan banyak tempat. Visualisasi hard disk seperti WinDirStat atau WizTree dapat dengan mudah membantu kamu menemukan pusat permasalahan kapasitas ini.

Bersihkan Temporary FileTemporary File atau file temporary atau file sementara, adalah file yang berguna untuk sementara pada jangka waktu tertentu. Artinya kamu bisa menghapus file tersebut tanpa khawatir bakal berdampak pada sistem atau prosedur penting di komputer kamu. Sebagian besar file temporary ini didapat pada saat instalasi program dan browser, yang memang tidak berpengaruh pada sistem.

Setiap browser dilengkapi dengan fitur untuk membersihkan file temporary seperti history, download, cache, cookies, dsb.

Hapus File DuplikatSebagian dari kamu mungkin suka melakukan duplikasi file tanpa disadari, misalnya kamu download sebuah file dan tidak ingat menyimpannya dimana, sehingga ketika membutuhkannya, kamu malah kembali melakukan download file tersebut. Hal ini tidak jarang terjadi dan apabila file tersebut berukuran besar, maka tentu saja akan memakan tempat di hard disk kamu.Kamu bisa menggunakan berbagai tool yang membantu kamu untuk menyelesaikan masalah ini, seperti dupeGuru.

Wipe Fitur Windows yang Tidak DigunakanTahukah kamu bahwa beberapa fitur Windows seperti System Restore dan Hibernation membutuhkan kapasitas hard disk yang besar? Kapasitas hard disk kamu mungkin banyak disediakan untuk berbagai fitur tersebut meskipun jarang kamu gunakan.Ada 2 cara untuk melakukan tweak System Restore : kurangi kapasitas yang disediakan atau hapus System Restore point yang sudah lama.

Hibernation adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan kondisi komputer sebelum shut down untuk kemudian kembali pada kondisi yang sama saat komputer dinyalakan. Semua informasi ini disimpan dalam file sistem yang memakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Kamu bisa memperoleh kapasitas hard disk yang cukup besar apabila kamu disable hibernation dan menghapus file tersebut.

Catatan : melakukan hal ini bisa mempengaruhi sistem komputer kamu, pastikan kamu mengetahui pasti apa yang kamu lakukan.

Upload ke Cloud StorageSatu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah sistem cloud, terutama cloud storage yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file dalam server cloud dengan aman. Sebagian besar layanan cloud storage memungkinkan kamu untuk sync data dengan komputer. Gunakan cloud storage ternama seperti DropBoxatau SkyDriveuntuk meminimalisir resiko kehilangan data.

Hal yang perlu kamu perhatikan, sebaiknya tidak menyimpan file yang bersifat sensitive di cloud storage dari segi keamanan privasi.

Uninstall ProgramTentu saja, kamu bisa menghapus program yang sudah tidak kamu gunakan atau bahkan tidak pernah kamu gunakan untuk memperoleh kembali kapasitas hard disk kamu. Pastikan program yang kamu hapus bukan program penting atau berbayar. Untuk memudahkan kamu melakukannya, gunakan software Revo Uninstalleryang membantu menghapus setiap file dan sisa-sisa program yang kamu hapus.

Like Facebook Page, Follow Twitteratau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Komentar Anda