7 Software Keamanan yang WAJIB Dimiliki

7 Software Keamanan yang WAJIB Dimiliki

Ditulis oleh Deasy tanggal 20 August 2012

Dengan kemajuan teknologi sekarang, berbagai aktivitas dapat kita lakukan dengan mudah dan cepat, seperti mengakses rekening bank, kartu kredit, membayar tagihan, membeli barang secara online dan lain sebagainya. Dengan berbagai kemudahan dan akses yang dapat kamu gunakan, maka keamanan data pribadi yang ada pada komputer merupakan hal yang penting.

Berbagai software keamanan tersedia untuk memastikan data-data penting kamu tidak terganggu, mulai dari software antivirus, anti malware, spyware dan firewall. Berikut rekomendasi software gratis yang bisa kamu gunakan untuk menjaga keamanan komputer kamu.

1. AVG Anti Virus (Windows) AVG adalah software antivirus gratis yang bekerja dengan sangat baik. Fitur dan perlindungan yang ditawarkan tidak kalah dari antivirus lainnya seperti Norton, Kaspersky, NOD 32 dan antivirus lainnya.

Fitur utama AVG

1.Real time virus check2.Update otomatis (harian/ daily)3.Scan email yang diterima dan dikirim4.Menghilangkan cookies yang mencurigakan dari browser5.Memberi peringatan link yang tidak aman6.Pengaturan kecepatan proses scan komputer
  1. MalwareBytes Anti-Malware (Windows)MalwareBytes Anti-Malware adalah software anti-malware yang efektif dan mudah digunakan. Software ini telah di download oleh 8 juta pengguna lebih dan menjadikannya software dengan urutan ke 8 paling banyak di download pada website download.com. Rating dan review dari pengguna software ini juga cukup bagus.

    MalwareBytes diklaim dapat mendeteksi dan menghilangkan malware yang tidak dapat dideteksi oleh sebagian besar software anti-malware lainnya. Meskipun software ini tidak memiliki banyak fitur dibandingkan softare anti-malware gratis lainnya, namun MalwareBytes memang memiliki database malware dan proteksi yang sangat bagus. Selain itu, software ini juga ringan sehingga tidak terlalu membebani PC kamu.Software ini memiliki beberapa pilihan dalam pengoperasiannya, salah satunya yaitu kamu dapat menambahkan fungsi klik kanan untuk scan secara individual.

    Versi Basic yang merupakan program scan dan remove spyware dapat kamu gunakan secara gratis. Sedangkan versi Pro MalwareBytes menawarkan fitur tambahan berupa Protection Module yang dapat mendeteksi spyware sebelum dapat menyerang PC kamu.

    3. Spyware TerminatorSoftware ini merupakan anti-spyware gratis yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Spyware Terminator merupakan software yang mudah digunakan, bahkan oleh kamu yang masih awam dalam penggunaan software anti spyware.

    Fitur andalan yang diberikan Spyware Terminator adalah Real-Time Shieldyang melindungi PC kamu setiap saat ketika komputer dijalankan sehingga memberikan perlindungan yang baik terhadap berbagai ancaman, baik yang dikenal maupun tidak.Selain itu, terdapat juga pilihan untuk menjadwalkan update otomatis dan fast scan untuk memastikan PC kamu bersih dari spyware.

    4. Comodo Firewall Pro (Windows)

    Comodo Firewall merupakan software firewall terbaik menurut makeuseof.com. Selain itu, software ini juga merupakan software yang sangat ringan sehingga tidak banyak memakan system resources komputer kamu.Comodo akan memonitor koneksi dan memberikan peringatan secara otomatis kepada kamu apabila ada remote komputer atau program yang berusaha untuk membuat koneksi yang tidak dipercaya.

    Selain itu, Comodo Firewall Pro juga akan memberikan saran untuk menangani permasalahan yang muncul. Selain itu, Comodo Firewall juga memiliki fitur Defense + Host Intrusion Prevention System yang memungkinkan kamu untuk melindungi komputer dari berbagai ancaman spyware yang menyerang komputermu.

    5. NoScript - FirefoxNoscript - Firefox telah didownload oleh 42juta pengguna, menjadikannya salah satu addon Firefox paling populer. NoScript membuat browsing internet aman dengan memblokir berbagai ancaman yang muncul ketika kamu browsing menggunakan Firefox, termasuk JavaScript, Flash dan konten executable lainnya.Addon ini sangat membantu keamanan PC kamu dari serangan berbahaya dari internet. Namun kamu yang pertama kali menggunakan addon ini akan merasa terganggu dengan sering munculnya peringatan keamanan dan kamu harus menambahkan trusted site ke dalam database addon ini di PC kamu. Contohnya, ketika membuka YouTube pertama kalinya setelah menginstall addon ini, kamu tidak akan dapat memutar video juga tidak menambahkan YouTube ke dalam trusted site.

    Meskipun terdengar merepotkan untuk pertama kalinya, namun sebanding dengan perlindungan yang diberikan oleh NoScript kepada komputer kamu.

    6. LastPass (Firefox/ Internet Explorer)LastPass adalah aplikasi password manager yang dapat menyimpan data password kamu secara terenskripsi. Data yang tersimpan pada LastPass kemudian akan disimpan pada server LastPass dan kemudian dapat diakses melalui komputer lain yang juga memiliki program LastPass.Program ini dapat dengan mudah di download dan digunakan dengan waktu singkat.

    Setelah program terinstall pada komputer, kamu bisa menambahkan berbagai data ke dalam akun yang kamu miliki dengan membuka halaman website dan login seperti biasa. Saat LastPass meminta persetujuan untuk menyimpan data login yang digunakan untuk website tersebut, klik OK dan LastPass akan menyimpan detail data tersebut sehingga saat berikut kamu mengunjungi website tersebut, LastPass akan secara otomatis mengisi detail yang dibutuhkan.

    Kamu hanya perlu mengingat password LastPass yang digunakan untuk menyimpan berbagai detail informasi login dan password yang dibutuhkan.Fitur LastPass :

    1. Pengisian form online secara otomatis
    2. Akses data yang disimpan dalam LastPass dari komputer lain
    3. Password generator

    7. WOT (Web of Trust) - FirefoxSatu lagi addon populer yang dimiliki Firefox. WOT akan memberi peringatan kepada kamu jika mengenai website yang kemungkinan tidak aman sebelum kamu memasuki website tersebut. Website tidak aman semacam ini biasanya dapat berupa penipuan/ scam, berisi malware, mengirimkan spam dan lain sebagainya.

    WOT menggunakan warna untuk menunjukkan rating keamanan untuk sebuah website. Hijau berarti aman, kuning untuk peringatan dan merah jika website tersebut berbahaya.

    Sudahkah kamu menjaga keamanan komputer kamu dengan menggunakan salah satu software diatas? Software keamanan apa yang kamu gunakan?

INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
copied!

Komentar Anda