Perbedaan antara WinZip dan WinRAR

Perbedaan antara WinZip dan WinRAR

Ditulis oleh tanggal 13 August 2012

Pada dasarnya kegunaan WinZip dan WinRAR tidak jauh berbeda yaitu digunakan sebagai kompresi dan dekompresi file. Kompresi adalah istilah untuk menekan suatu file sehingga akhirnya didapatkan ukuran yang lebih kecil, Dekompresi adalah istilah untuk mengembalikan ukuran suatu file yang telah di kompresi sebelumnya. Ukuran file diidentikan dengan besarnya suatu data. Semakin kompleks suatu aplikasi atau data maka akan semakin besar pula ukuran file tersebut. File dengan ukuran besar maka akan memiliki beberapa masalah seperti menghabiskan besarnya media penyimpanan serta memperlambat kinerja pengiriman file itu sendiri, karena semakin besar ukuran suatu file maka semakin banyak pula waktu yang digunakan untuk mengirim atau memindahkan suatu file ke perangkat lain atau ke partisi storage lain.

Pada umumnya format yang biasa digunakan untuk kompresi adalah .zip atau .rar, walaupun ada format lain seperti .7Z (7-zip).

WinRAR adalah sebuah program yang berguna untuk mengkompres file menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya serta untuk back up file menjadi satu buat file didalam file winRAR, sehingga membuat ukurannya menjadi lebih kecil. WinZip adalah standar kompresi data yang populer, dengan hasil kompresi data yang lebih kecil maka akan menghemat media penyimpanan dan pengiriman data akan lebih efisien dan efektif. Perbedaan antara WinZip dan WinRAR:

    []Keunggulan dari
WinZip adalah datanya dapat dibuka melalui handphone, sedangkan WinRAR hanya dapat di buka di PC.    []Keunggulan WinRAR hasil kompresannya lebih kecil dibanding WinZIP.    []WinZip : hanya zip format, tidak ada virus scan feature, tidak ada fasilitas repair, encrypt, burn zip archive into cd/dvd.    []WinRAR : bisa zip dan rar format, protect file archive from damage, set password, repair, convert, virus scan feature. [/list] Jadi apakah pilihan software kompresi anda ?

Komentar Anda