Cara Download File dari Internet

Cara Download File dari Internet

Ditulis oleh Febri tanggal 08 August 2012

Jika kamu adalah pemula dalam dunia internet, tentunya akan bingung bagaimana cara mendownload suatu file dari berbagai situs. Dengan perkembangan teknologi belakangan ini, hampir semuanya bisa kamu peroleh dari internet. Mulai dari dokumen, program atau software, lagu, video, game dan berbagai file lainnya yang kamu butuhkan.

Bagi kamu yang belum paham benar apa yang dimaksud dengan download, disini Jalan Tikus akan memberikan penjelasan singkat mengenai download file dari internet. Download adalah istilah yang menjabarkan proses transfer suatu file dari jaringan internet ke komputer melalui internet. Dalam bahasa Indonesia, download disebut juga mengunduh.

Selain download, terdapat pula istilah upload, yang juga merupakan proses transfer suatu file melalui internet. Bedanya, proses ini berlangsung dari komputer kita ke internet. Mudahnya, upload berarti kita mengirimkan atau menaruh suatu file ke internet. Istilah dalam bahasa Indonesianya adalah mengunggah.

Untuk melakukan proses download dan upload file, kamu membutuhkan koneksi internet. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download atau upload file ditentukan oleh koneksi internet yang kamu miliki. Semakin bagus dan cepat koneksi internet yang kamu miliki, maka proses download dan upload file akan semakin cepat. Koneksi internet yang bagus saat ini di Indonesia baru dapat diperoleh di kota-kota besar karena infrastruktur yang masih terbatas. Karena itu, meskipun proses download dan upload file sangat mudah untuk dilakukan, seringkali koneksi internet yang lambat menjadi penghalang untuk menjalankan proses ini.

Terdapat faktor lain yang mempengaruhi kecepatan proses download dan upload ini selain koneksi internet kamu masing – masing, yaitu server website tempat kamu mendownload atau upload file tersebut. Bagi kamu yang sudah cukup sering mendownload file, pasti sudah pernah mendengar istilah server lokal dan server luar. Download dan upload file dari server lokal akan lebih cepat daripada server luar, begitu juga sebaliknya.

Bagaimana cara download file dari internet? Terdapat 2 metode download file, yaitu berbayar dan gratis. Tentunya sebagian besar dari kamu memilih download file secara gratis, bukan?

Berikut adalah penjelasan singkat cara download dari situs yang sudah populer dan cara mendownloadnya.

Cara Download dari YouTube YouTube merupakan situs penyedia fasilitas video sharing. Jika kamu membuka situs ini, akan terdapat banyak video yang tersedia dan siap di download. Video klip music, trailer film, video hasil karya orang lain, hampir semua video apapun bisa kamu temukan disini tentunya yang tidak melanggar aturan yang berlaku.

Ada beberapa macam cara untuk download video dari YouTube. Kamu bisa menggunakan software video downloader seperti YouTube Downloader, Orbit Downloader atau juga bisa menggunakan add-ons pada browser Mozilla Firefox. Namun, ada satu lagi cara yang sudah umum dan mudah karena kamu tidak harus mendownload software atau program, kemudian menginstallnya pada PC kamu.

Kamu bisa menggunakan situs penyedia jasa download. Keepvid.com adalah salah satu situs yang sudah umum dikenal dan banyak digunakan untuk mendownload video dari YouTube. Berikut cara mendownloadnya :

1. Buka situs YouTube dan KeepVid pada dua browser atau tab browser yang berbeda.2. Cari dan buka video yang kamu inginkan pada YouTube, kemudian copy URL Video yang terdapat pada address bar.3. Buka tab atau browser yang membuka situs KeepVid. Disini terdapat kotak dengan tulisan download di sebelah kanannya. Masukkan atau paste URL video dari YouTube tadi ke kotak ini, kemudian klik tombol Download4. Tunggu beberapa saat, akan muncul link download yang siap digunakan. Ada berbagai resolusi yang ditawarkan. Mulai dari .3gp, .flv atau .mp4. Silakan pilih sesuai dengan keinginan kamu.5. Jika kamu klik link video, akan muncul pop-up download. Kamu juga bisa menggunakan download manager seperti Internet Download Manager (IDM) dengan cara meng-copy link dengan klik kanan, kemudian paste ke program IDM kamu.

Cara Download File dari 4shared 4shared adalah salah satu situs penyimpanan file gratis yang populer di kalangan pengguna internet. Disini, kamu bisa menyimpan dan mendownload file apapun yang tersedia. Cara untuk download dari 4shared cukup mudah, silakan ikuti langkah – langkah berikut :

1.Buka situs 4shared dan cari file yang kamu inginkan lewat fasilitas search yang disediakan.2. Ketika link sudah muncul, klik dan kemudian kamu akan diarahkan ke halaman lain sebelum mulai men-download.3. Klik pada tombol Unduh Sekarang yang biasanya dilengkapi tanda panah ke bawah. Klik tombol tersebut dan kamu akan diarahkan lagi ke halaman lain.4. Pada halaman berikut, klik 'Unduh Gratis' untuk mendownload file secara gratis. Kamu akan diminta untuk menunggu selama beberapa saat dan download akan dimulai secara otomatis.

Cara Download File dari Indowebster Indowebster merupakan situs lokal yang populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. IDWS menyediakan fasilitas download dan upload bagi penggunanya. Cara download file dari Indowebster :

1.Buka situs Indowebster dan lakukan pencarian file yang diinginkan.2. Bila sudah ditemukan, klik link file tersebut. Kamu akan dialihkan ke halaman lain.3. Cari tombol download. Biasanya berwarna biru dan berada di bawah keterangan file tersebut. Klik tombol tersebut dan kamu akan dialihkan ke halaman lain.4. Sama seperti 4shared, kamu akan diminta menunggu beberapa saat sebelum dapat mendownload file. Tombol download secara otomatis akan tersedia apabila file sudah siap di download.

Cara Download File Torrent Buat kamu yang sudah sering mengakses internet, tentu sudah sering mendengar istilah torrent. File seperti ini berukuran kecil yang nantinya bisa digunakan untuk mendownload file berukuran besar. Untuk mendownload file torrent juga sebenarnya tidak sulit, hanya saja seringkali kecepatan download sering dikeluhkan oleh penggunanya, karena download file torrent mengandalkan jumlah seed pada file tersebut. Cara untuk download file torrent :

1. Download dan install software torrent client, seperti uTorrent.2. Cari file yang ingin kamu download di internet, misalnya dari situs yang menyediakan file torrent.3. Bila sudah mendapatkan file torrent dan sudah tersimpan di komputer, klik file tersebut dan akan muncul pop-up uTorrent. Klik OK dan proses download oleh uTorrent akan dimulai.

Cara Download File dari JalanTikus Nah, bagi kamu yang memerlukan software gratis, kamu bisa download dengan cepat, aman dan mudah dari JalanTikus.com.

1. Buka situs JalanTikus.com, kemudian pilih software yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan fasilitas search yang ada di kanan atas untuk melakukan pencarian software.2. Setelah menemukan file yang diinginkan, kamu akan diantar ke halaman deskripsi software.3. Klik pada tombol 'Download' berwarna hijau yang ada di halaman detail software.4. Pop-up akan muncul, like fanpage JalanTikus untuk mendapatkan info terbaru dari JalanTikus dan bergabung di komunitas JalanTikus dan proses download akan segera berjalan.

Tidak sulit bukan untuk mendownload file dari internet? Bila ingin mendownload file, sebaiknya kamu menggunakan server lokal karena kecepatan downloadnya akan lebih tinggi dibanding server luar. Bila kamu ingin mendownload file berukuran besar, sebaiknya gunakan software download manager seperti Internet Download Manager (IDM), Free Download Manager, FlashGet atau software asli buatan JalanTikus.com, Jalan Tikus Download Manager.

Download dengan menggunakan software download manager (IDM) termasuk cara download yang aman, karena dilengkapi dengan fitur pause dan resume. Jadi jika kamu ingin menghentikan komputer, tetapi proses download belum selesai, kamu bisa menggunakan fitur pause, kemudian melanjutkannya kembali dengan menggunakan resume.

Untuk fitur ini, pastikan kamu mendownload dari situs yang mendukung fitur resume, karena terdapat beberapa situs yang tidak mendukung resume download, seperti 4shared.

Komentar Anda