5 Software PDF Reader Gratis Terbaik

5 Software PDF Reader Gratis Terbaik

Ditulis oleh Febri tanggal 08 August 2012

Kebanyakan pengguna PC tidak terlalu memusingkan software PDF apa yang diinstall pada PC. Adobe Reader adalah software yang paling sering digunakan. Sebenarnya masih ada banyak software PDF Reader gratis lain untuk Windows.

Pilihan software PDF lain tersedia mulai dari software yang ringan dan minim fitur, hingga aplikasi dengan fitur lengkap dan berkualitas tinggi. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur yang tidak bisa kamu temukan pada Adobe Reader, seperti tool PDF Editor dan Creator.

Built-In PDF Reader

Jika kamu menggunakan browser Google Chrome, berarti kamu sudah memiliki PDF Reader bawaan Chrome. Aplikasi ini hanya merupakan PDF Reader ringan dengan minim fitur yang tujuannya adalah untuk membuka file PDF langsung menggunakan browser tanpa perlu membuka program PDF Reader. File PDF yang dibuka tampilannya mirip halaman website, dengan tambahan beberapa toolbar PDF yang muncul ketika kamu membaca dokumen.

Mozilla saat ini sedang mengembangkan built-in PDF Reader yang terintegrasi dengan Firefox. Aplikasi ini diberi nama PDF.js yang seharusnya dirilis bersamaan dengan Firefox 14.01. Namun sepertinya versi final aplikasi ini akan dirilis pada Firefox 15. Sistem operasi Windows 8 juga memiliki PDF Reader sendiri, dimana aplikasi semacam ini akan semakin terintegrasi dengan browser dan operasi sistem di masa mendatang, sehingga software PDF Reader terpisah tidak terlalu dibutuhkan.

Foxit Reader

Foxit merupakan PDF Reader alternatif yang ada di pikiran kebanyakan orang, karena aplikasi ini memang salah satu PDF Reader yang sudah populer di kalangan pengguna. Â Sayangnya, aplikasi ini akan meminta kamu untuk menginstall toolbar dan merubah homepage browser kamu saat kamu melakukan instalasi program ke PC.

Tidak seperti aplikasi PDF Reader ringan lainnya, Foxit menawarkan berbagai fitur seperti annotation, highlight dan tool editor lainnya yang tidak dimiliki Adobe Reader.

Sumatra PDF

Sumatra PDF merupakan aplikasi PDF Reader paling ringan yang tersedia. Tampilannya sederhana dan terdapat versi portable sehingga bisa kamu gunakan tanpa melakukan instalasi pada PC. Aplikasi ini tidak mendukung banyak fitur. Hanya membuka file PDF dan menampilkan file dengan cepat, ditambah dengan berbagai shortcut keyboard untuk mempermudah pembacaan dokumen. Sumatra juga mendukung berbagai file, seperti eBook dengan format ePub dan Mobi, serta komik dengan format CBZ dan CBR.

Nitro PDF Reader

Nitro menonjol dengan berbagai fitur uniknya, ditambah tampilannya yang terlihat rapih. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak bisa kamu temui pada PDF Reader lain, seperti QuickSign, dimana kamu dapat memberikan signature dari gambar digital pada dokumen PDF yang diinginkan. Selain itu, Nitro PDF juga dapat meng-convert dokumen Microsoft Word dan format lainnya ke PDF dan sebaliknya, dan extract gambar dari dokumen PDF.

Adobe Reader

Adobe Reader merupakan aplikasi PDF Reader yang paling sering digunakan, meskipun aplikasi ini bukanlah yang tercepat di antara PDF Reader gratis lainnya. Meski kebanyakan file PDF dapat dibuka dengan menggunakan software PDF Reader manapun, namun ada beberapa file PDF yang hanya bisa dibuka menggunakan Adobe Reader. Hal ini yang menjadikan Adobe Reader masih tetap menjadi pilihan utama kebanyakan pengguna ketika ingin menginstall program PDF Reader.

Software apa yang kamu gunakan untuk membuka file PDF?

INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
copied!

Komentar Anda