Perbedaan Windows 8 dan Windows RT

Perbedaan Windows 8 dan Windows RT

Ditulis oleh Febri tanggal 03 August 2012

Setelah Microsoft mengumumkan Microsoft Surface RT Akan Rilis Pada 26 Oktober Seiring Dengan Windows 8 berita perilisan tablet Surface beberapa minggu lalu, ditambah semakin dekatnya waktu perilisan Windows 8 tentunya banyak dari kamu bertanya-tanya akan berbagai versi Windows 8 yang tersedia.

Disini,Jalan Tikus akan coba memberikan sedikit informasi mengenaiperbedaan Windows 8 dan Windows RT. Dan juga beberapa nilai plus dan minus masing-masing versi.

Perbedaan Hardware

Perbedaan utama kedua versi Windows ini adalah pada spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan OS. Hampir seluruh PC, bahkan komputer MAC baru menggunakan hardware x86, dengan menggunakan CPU Intel atau AMD. Komputer MAC model lama menggunakan standar Power PC yang berbeda. Namun semenjak MAC beralih ke x86, kamu bisa menjalankan OS Windows dengan menggunakan MAC menggunakan BootCamp atau virtual machine. OS Windows saat ini di-desain untuk beroperasi pada hardware x86.

Windows 7 yang memiliki 2 versi, 32-bit dan 64-bit beroperasi pada hardware x86. x86 bermula dengan 16-bit, 32-bit dan belakangan ini 64-bit. Beberapa pihak mungkin menggunakan istilah “x86 vs x64”, yang sebenarnya dimaksud x86-32 atau x86-64.

Windows RT adalah versi khusus dari Windows 8. OS ini tidak di-desain untuk beroperasi pada hardware x86, melainkan pada hardware ARM yang benar-benar berbeda. Chip ARM umumnya digunakan pada perangkat dengan sistem operasi embedded/ tertanam, seperti iPad dan Nintendo DS. ARM merupakan chip yang akan digunakan pada perangkat tablet dan mobile lainnya di masa mendatang.

Nah, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya apakah software yang ada compatible di kedua sistem yang berbeda ini? Disini, sistem Metro menjalankan fungsinya.

Metro Metro adalah interface grafis baru yang membuat Windows 8 spesial. Semua versi Windows 8 dan Windows RT akan memiliki Metro pada core-nya. Aplikasi yang dibuat untuk beroperasi menggunakan Metro akan dapat berjalan dengan normal pada Windows 8 dan Windows RT, tanpa memperhatikan perbedaan chipset dan hardware yang ada. Hal ini karena Microsoft membuat program APIs baru yang memberikan pembuat program akses yang sama untuk fungsi sistem, meskipun ada perbedaan hardware. Pembuat program dapat membuat suatu aplikasi Metro, untuk kemudian akan dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan ARM Chip atau hardware x86.

Namun hal ini tidak berlaku untuk software lama yang telah dirilis. Dalam waktu mendatang, tentunya aka nada banyak software atau aplikasi yang mendukung "Metro Version" sehingga dapat dijalankan pada kedua versi Windows yang berbeda. Namun software dan aplikasi yang telah beredar sekarang dan mungkin kamu gunakan tentunya hanya dapat beroperasi pada hardware x86 dan compatible dengan Windows 8, artinya bisa tetap kamu gunakan jika kamu memutuskan untuk meng-upgrade Windows. Â Namun jika kamu membeli Windows RT yang menggunakan ARM Chip, tentunya software yang kamu gunakan sekarang tidak dapat digunakan.

Masih bingung? Kesimpulannya adalah software dan aplikasi yang kamu gunakan sekarang dapat digunakan pada Windows 8, dan tidak dapat digunakan pada Windows RT.

Desktop Windows 8 dan Windows RT memiliki mode desktop. Kebanyakan dari pengguna Windows yang sudah mendownload dan memasang Windows 8 Preview beranggapan bahwa interface Metro hanyalah berupa lapisan tambahan pada desktop windows yang sekarang. Namun, lebih tepat jika dikatakan bahwa mode Desktop adalah aplikasi Metro yang dapat digunakan untuk browse file system. Maka dari itu, kedua versi Windows 8 dan Windows RT akan memiliki mode desktop. Pada Windows 8, ‘aplikasi’ mode desktop juga dapat digunakan untuk menjalankan software yang sudah terinstall di PC kamu dan memberikan fungsi yang sama dengan desktop pada Windows 7, sedangkan pada Windows RT, kamu hanya bisa menggunakan desktop untuk browse file.

Bagaimana dengan Office? Internet Explorer? Apa jadinya jika kamu tidak memiliki Office pada PC? Tenang saja, Microsoft Office yang kamu miliki sekarang dapat digunakan pada OS Windows 8, namun tidak pada Windows RT. Karena Microsoft Office yang ada sekarang di-desain untuk beroperasi pada hardware x86. Namun menurut berita yang beredar, Microsoft sudah menyiapkan versi Office yang dapat beroperasi pada Windows RT dan sudah dikonfirmasi bahwa Surface Tablet resmi terbitan Microsoft akan memiliki versi Office ini terinstall secara default. Sementara tablet atau perangkat Windows RT selain terbitan resmi Microsoft belum tentu memiliki aplikasi Office resmi terinstall secara default.

Internet Explorer masalah yang masih diperdebatkan. Pada Windows 8, kamu bisa menggunakan browser apapun yang kamu inginkan, baik Metro-optimized Internet Explorer, Firefox versi standard ataupun versi Metro. Namun pada Windows RT, kamu hanya dapat menggunakanInternet Explorer. Browser lain tidak dapat diinstall pada Windows RT.

Kemungkinan perkembangan dan perubahan di masa mendatang tentunya tidak tertutup, seperti pada Safari yang dahulu hanya dapat digunakan pada iOS, namun sekarang dapat berjalan pada OS Windows. Hal ini merupakan kemungkinan di waktu mendatang. Namun untuk sementara ini, Windows RT hanya dapat menggunakan Internet Explorer milik Microsoft.

Secure Boot Windows 8 memiliki pilihan untuk menjalankan mode secure boot. Hal ini mencegah boot code yang berpotensi membahayakan sistem Windows dan juga mencegah pengguna untuk memasang sistem operasi Linux. Pengaturan secure boot secara default ditentukan oleh pihak pembuat PC. Pengaturan semacam ini termasuk apakah secure boot dapat dinonaktifkan oleh pengguna atau tidak, serupa dengan pengaturan BIOS pada PC kamu sekarang.

Windows RT tidak memiliki fitur pengaturan secure boot, sehingga kamu tidak dapat men-disable secure boot. Artinya kamu tidak dapat meng-install operasi sistem yang tidak diotorisasi oleh Microsoft. Hal ini serupa dengan iPad, dimana kamu hanya dapat menggunakan iOS. Walau begitu, sepertinya sistem secure boot ini akan siap ditembus oleh para hacker, sama seperti banyak sistem keamanan lainnya. Singkatnya, perangkat Windows RT hanya dapat beroperasi menggunakan Windows RT.

Kami harap artikel singkat ini memberikan informasi yang kamu perlukan untuk mengetahui perbedaan mendasar antara Windows 8 dan Windows RT. Mudahnya, anggap saja perangkat Windows RT merupakan perangkat yang dikunci, seperti iPad, Windows RT tidak bisa menjalankan berbagai software atau aplikasi yang kamu miliki sekarang dan kamu hanya dapat menggunakanInternet Explorer sebagai browser. Sedangkan Windows 8 dapat menjalankan berbagai software dan aplikasi kamu sekarang, sama seperti Windows 7 dan kamu juga bisa menikmati fitur Metro yang juga dimilikinya.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, perangkat manakah yang akan kamu miliki? Windows RT? Atau kamu menantikan perangkat Windows 8?

INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
copied!

Komentar Anda