Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Ditulis oleh Febri tanggal 27 July 2012

Ada kalanya mungkin kamu tanpa sengaja menghapus file dari PC yang ternyata kamu perlukan. Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan apps ‘recovery’ yang dapat mengembalikan data-data tersebut. Salah satunya adalah Recuva, yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis.

Recuva juga dapat mengembalikan file yang terhapus pada memory card, seperti memory stick, sd card, compact flash dan lain sebagainya.

Catatan : Menurut developer Recuva, aplikasi ini dapat mengembalikan data dari drive yang sudah diformat. Selain itu, Recuva juga dapat mengembalikan email yang dihapus dari mail client, seperti Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, or Windows Live Mail. Namun, saat ini kami belum mencoba fitur ini.

Gunakan Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus dari PC dengan mengikuti langkah – langkah berikut :

   []Recuva akan memberikan pilihan file apa yang ingin kamu kembalikan. Kamu perlu memilih salah satu jenis file yang ingin kamu kembalikan. Jika kamu ingin mengembalikan 2 jenis file yang berbeda (misalnya file foto dan file music), kamu tidak bisa langsung melakukannya secara bersamaan. Ada pengaturan tertentu yang perlu dilakukan, yang dibahas pada nomor 9.    []Pilih lokasi drive yang ingin kamu kembalikan filenya. Kamu bisa menggunakan pilihan “On my media card or iPod” jika kamu ingin mengembalikan file dari removable media seperti memory card, iPod, atau digital camera. Klik ‘Browse’ jika kamu ingin menentukan lokasi spesifik tempat file tersebut terakhir berada.Browse folder. Pada tutorial ini, kami memilih drive C, untuk mengembalikan file dari desktop yang terhapus beberapa waktu lalu.    []Klik ‘Start’ pada layar berikut. Jangan pilih deep scan option kecuali proses pengembalian file gagal. Proses ‘Deep Scan’ bisa berlangsung hingga satu jam, tergantung kapasitas hard disk kamu.    []Proses pengembalian berlangsung cukup cepat. Recuva mampu melakukan scan 90GB hanya dalam 5 detik. Nah, sekarang saatnya melihat hasil proses tersebut.    []Recuva menunjukkan semua file yang dihapus pada folder atau drive yang kamu pilih. Untuk mengembalikan file, centang box yang ada di samping nama file, kemudian klik ‘Recover’.    []Pilih folder penyimpanan file yang di-recover. Disarankan untuk menyimpan file di drive yang berbeda dari asalnya. Klik OK untuk melanjutkan.    

  • Cek folder penyimpanan baru dimana kamu menyimpan file tersebut. Nah, sekarang jika kamu ingin mengembalikan file dengan format yang berbeda, kamu hanya perlu klik “Switch to advance mode”.

    Disini, kamu bisa memilih jenis file dan drive mana yang ingin kamu pilih dari drop down yang tersedia dan terdapat juga berbagai pengaturan seperti pengaturan bahasa, tampilan, secure overwriting atau pilihan scan lainnya.

    Gunakan Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Aplikasi ini bekerja dengan cepat dan efisien dibandingkan aplikasi serupa lainnya. Selain itu, kamu juga bisa men-download dan gunakan aplikasi ini secara gratis.

  • INGIN POSTING ULANG ARTIKEL INI DI WEB/BLOG KAMU?
    copied!

    Komentar Anda