2013-05-07 15:16:20
Arti Dual Core, Quad Core, Octo Core dan Perbedaannya

Arti Dual Core, Quad Core, Octo Core dan Perbedaannya

Ditulis oleh Deasy tanggal 07 May 2013

Sekarang ini, kebanyakan CPU menggunakan teknologi dual core, quad core dan octo core. Sebenarnya, apakah arti 'core' pada CPU dan apa perbedaan masing-masing core tersebut, serta bagaimanakah pengaruhnya terhadap performa komputer secara keseluruhan?

Di artikel ini, Jalan Tikus akan menjelaskan pengertian core pada CPU untuk membantu kamu untuk memilih spesifikasi hardware yang kamu inginkan ketika membeli perangkat seperti komputer, laptop, tablet atau smartphone.

Pengertian CoreSetiap 'core' pada CPU memiliki sebuah cpu (central processing unit) dan merupakan bagian dari sebuah CPU yang bekerja. Misalnya, sebuah chip dual-core mungkin terlihat seperti chip single-core, namun sebenarnya memiliki 2 buah CPU (perangkat pengolah) di dalamnya.

CPU tambahan pada sebuah chip memungkinkan komputer untuk menjalankan fungsi multi-tasking. Kamu bisa bandingkan kecepatan sebuah komputer single core dengan dual core agar dapat lebih memahami hal ini.

Dengan CPU tambahan, komputer akan lebih responsif ketika melakukan multi-tasking, seperti browsing sambil extract file. Pada chip single-core kedua proses ini dijalankan bersamaan oleh CPU yang sama, sedangkan pada chip dual-core, proses ini dibagi untuk masing-masing CPU, sehingga proses berjalan lebih cepat dan tidak terlalu membebani masing-masing CPU. Hasilnya, komputer menjadi lebih responsif ketika menjalankan 2 proses yang berbeda tersebut.

Clock Speed vs CoreCPU memiliki clock speed, sebagai semacam indikator kecepatan kerja sebuah CPU. Contohnya, processor Intel Core i5-3330 memiliki spesifikasi clock speed 3GHz dan quad-core, yang artinya memiliki 4 core. Masing-masing core pada processor ini memiliki kecepatan 3GHz.

Makin Besar Core Bukan Berarti Makin CepatSebagian besar program komputer dijalankan secara single thread, artinya proses kerja program tersebut tidak dapat dibagi ke beberapa CPU dan harus dijalankan pada 1 CPU saja. Hal ini berarti menambah core tidak akan berpengaruh pada performanya.Jika kamu menjalankan program single thread pada processor 3GHz quad-core, maka program tersebut hanya akan menggunakan satu core saja dan berjalan pada kecepatan 3GHz, bukan 12 GHz.

Sebagian program lain yang mendukung beberapa core tentunya dapat diuntungkan dengan penggunaan processor multi-core. Salah satu program yang dapat dijalankan secara multi-core adalah Google Chrome. Selain itu, terdapat pula beberapa game berukuran besar yang dapat dijalankan secara multi-core.

Meski begitu, sebagian besar program yang sekarang kamu jalankan hanya mendukung single thread. CPU quad core tidak akan membuat performa Microsoft Office lebih cepat dibandingkan dual-core. Penggunaan multi-core akan terasa jika kamu menjalankan beberapa aplikasi multi thread secara bersamaan, seperti menjalankan beberapa mesin virtual ketika encode video, extract file atau menjalankan beberapa tugas berat lainnya pada komputer kamu.

Arti Dual Core, Quad Core dan seterusnyaKalimat seperti 'dual core', 'quad core' dan' octo core' melambangkan jumlah core pada sebuah processor :

  • Dual Core: 2 core
  • Quad Core: 4 core
  • Hexa Core: 6 core
  • Octo Core: 8 core
  • Deca Core: 10 core

Pengaturan dan Pengawasan CoreKamu bisa mengatur penggunaan core untuk masing-masing program melalui Windows Task Manager. Klik kanan di panel Processes > Set Affinity. Disini, kamu dapat menentukan CPU (core) yang ingin kamu gunakan untuk menjalankan masing-masing aplikasi/ program.Hal ini tidak terlalu dibutuhkan, namun cukup membantu untuk menghindari beberapa bug pada game PC versi lama. Pada Tas Manager, kamu juga bisa menggunakan tab Performance untuk melihat penggunakan masing-masing core CPU kamu.

Hyper ThreadingCPU Intel memiliki teknologi 'hyper-threading' yang memungkinkan masing-masing core untuk ditampilkan sebagai 2 core kepada sistem. Contohnya pada gambar di atas, dimana sebuah CPU quad-core ditampilkan sebagai octo-core menggunakan hyper-threading.

Hal ini dapat meningkatkan performa CPU, namun tentu saja tidak bisa disamakan dengan CPU octo-core sungguhan. Kamu tetap hanya memiliki 4 core, namun dapat menjalankan fungsi sebagai 8 core yang berbeda.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Komentar Anda