2012-07-05 04:23:32
Cara Menghilangkan Suara Vocal menggunakan Audacity

Cara Menghilangkan Suara Vocal menggunakan Audacity

Ditulis oleh Febri tanggal 05 July 2012

Audacity adalah salah satu aplikasi editor music yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa memotong, menambah, merubah hingga menghilangkan bagian dan suara tertentu dari track audio yang kamu miliki. Kali ini, Jalan Tikus akan memberikan cara untuk menghilangkan suara vocal dari track audio kamu.

Vocal biasanya terletak pada ‘center channel’. Stereo track memiliki dua channel, tapi tidak seluruh instrument seimbang. Terkadang bass terdengar sangat kuat, rhythm terdengar minim dan lain sebagainya. Biasanya vocal terlalu kuat, jadi kita dapat memisahkan stereo track dan memasukkan satu channel.

Berikut caranya :

Buat kamu yang belum punya aplikasi Audacity, silakan download Audacity gratis disini. Kemudian lakukan instalasi.

Buka program Audacity dan load lagu pilihan kamu.

Hal pertama yang kita butuhkan adalah memisahkan dua channel lagu ke dalam 2 track yang terpisah. Klik tanda panah berwarna hitam yang terdapat pada judul track dan masuk ke Split Stereo Track.

Kemudian, pilih sebuah channel dan double klik untuk memilih keseluruhan track.

Masuk ke Effect > Invert.

Jika kamu menekan tombol play, kamu akan menemukan sound lagu sedikit lucu. Sound channel tampak seperti keluar dari speaker. Hal terakhir yang harus kita lakukan adalah mengeraskan efek dengan cara mengubah masing masing track menjadi mono. Klik title dari masing masing track seperti ketika kamu memisahkan track dan memilih mono dari menu.

Nah, suara vocal sekarang sudah hilang dari track audio kamu. Setelah vocal berhasil dihilangkan, kamu bisa mengisi suara yang hilang dengan suara kalian.

Caranya, langsung aja klik tombol RECORD yang berwarna merah.

Komentar Anda